UA-48386925-1

Jumat, 10 Agustus 2018

Fakta Mengejutkan Tantang ASI

Aqiqah Cimahi Bandung


Sahabat Aqiqah Cimahi Badung, Dari dulu, sampai sekarangpun ASI menjadi makanan sekaligus asupan gizi terbaik dan sempurna untuk bayi. Bahkan sering di sebut "Liquid Gold" atau emas cair saking berharganya.

Sahabat Aqiqah Cimahi Bandung, Ada beberapa fakta menarik tentang ASI :

1. Mampu membersihkan usus bayi yang baru lahir


Bayi kerap kali mengalami diare pada saat ibu memberinya ASI. Menurut dr Utami Roesli, SpA, MBA IBCLC FABM, kondisi seperti ini memang wajar terjadi. Biasanya terjadi pada usia hingga 1-1,5 bulan. Usus bayi yang baru lahir karena belum terpakai jadi masih memiliki rongga-rongga yang harus diperbaiki dengan ASI.
“Pada saat di kandungan sistem pencernaan bayi kan tidak terpakai. Usus jadinya tidak bekerja. Nah, ASI ini membersihkan usus-usus. Reaksinya dengan diare itu,” jelas dr Utami.
Untuk itu, ibu tidak perlu khawatir dan menjadi tidak percaya diri pada kualitas ASI yang dimiliki.
2. ASI bisa keluar pada saat hamil
Pada usia kehamilan 14-26 minggu kelenjar ASI sudah mulai bekerja. Keluarnya ASI pada kehamilan biasa nya berupa kolostrum dengan warna bening atau kuning dan lengket. Meski demikian, bukan berarti semua ibu mengalami keluarnya ASI ketika hamil. Kolostrum yang dikeluarkan saat ibu hamil pun bukan indikasi kondisi abnormal dan tidak akan habis. Sehingga, ibu tidak perlu khawatir akan hal itu.
Meski demikian, bukan berarti semua ibu mengalami keluarnya ASI ketika hamil. Kolostrum yang dikeluarkan saat ibu hamil pun bukan indikasi kondisi abnormal dan tidak akan habis. Sehingga, ibu tidak perlu khawatir akan hal itu.
3. ASI tetap lancar saat Ibu berpuasa
Kualitas ASI juga bergantung pada makanan yang dikonsumsi Ibu. Karena itu ibu menyusui sebaiknya tidak mengkonsumsi kopi atau minuman lain yang mengandung kafein, karena ASI yang dihasilkan bisa memengaruhi detak jantung bayi menjadi lebih cepat. ASI yang mengandung kafein juga membuat bayi lebih sering kencing karena ginjalnya bekerja lebih keras.

Sahabat Aqiqah Cimahi Bandung itulah beberapa Fakta tentang ASI.
Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar