UA-48386925-1

Sabtu, 14 April 2018

Doa Potong Rambut Aqiqah

Aqiqah merupakan salah satu bentuk ibadah kepada Allah atas lahirnya seorang anak baik itu laki laki maupun perempuan. Dimana, aqiqah  merupakan hewan yang dikurbankan hanya kepada Allah dengan cara menyembelih hewan tersebut. Dengan melakukan aqiqah merupakan salah satu bentuk pendekatan diri dan ucapan rasa syukur atas keni'matan keni'matan Allah.

Setelah itu (pemotongan hewan aqiqah) , di anjurkan untuk mencukur rambut bayi bersamaan dengan pemberian nama untuk bayi. semua itu menjadi bagian dari rangkaian acara aqiqah.

adapun doa untuk cukur rambut bayi adalah sebagai berikut :

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيمِ. الْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

. اللّٰهُمَّ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَنُوْرُ الشَّمْسِ وَالْقَمَرِ 

اللّٰهُمَّ سِرُّ الله نُوْرُ النُّبُوَّةِ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

Bismillahirrohmanirohim. Alhamdulillahi robbil ‘alamin, Allahumma nuurusamawawaati sa nuurusyamsi wal qomari. Allahuma sirrullah nuurunnubuwwati rosulullahi shollallahu ‘alaihi wassalam. Walhamdulillahi robbil ‘alamiin.

Ketika selesai mencukur rambut bayi, selanjutnya ubun-ubun bayi ditiup. Berikut adalah bacaan doa ketika meniup ubun-ubun bayi:


اللّٰهُمَّ إِنِّى أُعِيْذُهَا وَذُرِيَّاتَهَا بِكَ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْم

” Allahumma inni u’iiduhaa wadzuriyyatahaa bika minasy syaithoonir rojiim.”

Beberapa ulama menyebutkan, mengenai rambut yang telah di potong ini perlu di timbang yg selanjut nya sedekah dengan perak seberat rambut yang telah di potong.

Misal :
berat rambut yang di potong adalah 2 gram, maka orang tua harus bersedakah perak 2 gram atau yang senilai dengan 2 gram perak.


Aqiqah Cimahi Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar